Hari Raya Bagi Anak Sholech

dicritakan ada sessorang fakir, dia mempunyai anak yang soleh,
ketika datang hari raya, ternyata dia tidak memiliki uang untuk membelikan anaknya baju baru, sedangkan dia melihat anak-anak tetangganya udah memakai baju yang baru pakaian yang baru, dan anaknya dalam keadaan memakai baju sehari2nya yang dia pakai tiada henti, nangis ni orang karena tidak bisa membahagiakan buah hatinya,

ketika anaknya melihat ayahnya menangis, diadatangi ayahnya

“ayah kenapa Anda menangis ? apa yang menyebabkan Anda bersedih ?”

ayah bekata

“aku menangis karena sedih melihat kamu wahai anaku bagaimana tidak aku melihat teman2 kamu anak tetangga kita yang sebaya dengan kamu dia sudah berganti baju baru sedangkan kamu anak yang begitu patuh dengan bapak ibumu, tapi bapak tidak mampu nak untuk membelikan baju ada di hari raya ini, maafkan bapak tidak bisa membelikan baju yang membuat kamu bahagia dihari raya ini “

maka anak ini berkata

“ayah jangan kamu menangis sebab yang remeh ini ayah, hari raya bagi anakmu ini bukan karena dibelikan baju baru oleh anda, hari raya bagi aku anakmu ini kalau bapak dan ibuku ridlo kepada aku, bapak dan ibuku senang bahagia dengan aku, itu hari raya yang penting bapak ridlo ibu ridlo walaupun tidak membelikan aku baju baru, aku bisa menyenangkan bapak ibuku itu adalah hari raya untukku adapun pakaian ayah, ini adalah harta dunia yang bakal fana bakal hancur tapi ridlo Anda ridlo ibuk itu adalah harapanku yang akan menyampaikan ke surga”

Dari cerita diatas saya sangat kagum dengan tawaduknya seseorang yang seperti itu,  begitu dan ikhlas dengan keadaan dan selalu mengharap ridlo Allah

Leave a Reply

