Cerita Tentang Framework PHP (versi sendiri)

Dalam pemrogramman PHP banyak sekali framework yang bertebaran karena saking opensourcenya PHP :D. dari sekian banyaknya ada beberapa framework yang masuk dalam peringkat atas seperti Yii, CI, Zend, Cake, Kohana, Prado dan lain-lain, rating ini ditentukan oleh penduduk seluruh dunia yang menggunakan PHP sebagai pemrogramman webnya.

Pada awal saya menggunakan framework saya menggunakan Yii best polling dari situs http://www.frameworkphp.com karena tuntutan dari perusahaan, kemudian pindah perusahaan saya pindah menggunakan CI. setelah menggunakan kedua framework tersebut saya bisa merasakan kelibihan dan kekurangan dari kedua framework tersebut yaitu diantaranya :

CI. mudah untuk mempelajari mudah untuk mendefelopnya, simple tapi belum ada setandarisasi.

Yii. Sulit untuk mempelajari dan mencustom, sangat ketat dalam pengodingan tapi dari situ dapat menjadi mudah jika sudah mengetahui Yii tersebut.

intinya terserah Anda mau menggunakan framework mana yang cocok dengan anda, kalau kirang puas dengan framework yang ada ya buat framework sendiri saja :p

saya pernah mau mencoba untuk membuat framework sendiri ini dia protypenya ketonggo masih banyak kekurangan tapi cukup untuk mengetahui tentang MVC 😀

semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s