Bingung saat akan develop software ?

Kebanyakan kita programmer – terutama para pemula – ketika diminta membuat suatu program tertentu misalnya program inventory pasti akan langsung duduk di depan komputer *dan* dijamin pasti kebingungan musti ngapain dulu :))

Solusinya….. Jangan langsung duduk di depan komputer untuk langsung coding… tapi mulai dari 5W +1H, di bawah ini….

* Why: Kenapa (why) aplikasi ini perlu dibuat, apa keuntungannya nanti bagi para penggunanya

* What: Apa saja (what) yang bisa dilakukan oleh aplikasi yang akan Anda buat, misalkan harus bisa mencatat data siswa, guru, nilai, jadwal, dst… dst… Diagram Use-Case di UML sangat membantu menjawab pertanyaan ini.

* Where: Dimana (where) aplikasi ini akan di-deploy, apakai pakai server khusus di sekolah bersangkutan atau sewa hosting, apakah aplikasinya harus diinstall di setiap client (desktop-based) atau cukup di server saja (web-based)

* When: Kapan (when) aplikasi ini mulai dan kapan harus selesai dibuat… detilkan jadwal pengerjaan di masing2 fitur yang akan kita buat sesuai penjabaran *what*

* Who: Tentukan siapa yang akan mengerjakan pembuatan aplikasi ini, perlukah bantuan orang lain? Siapa pula yang akan kita mintakan konsultasi tentang proses bisnis sekolah? Siapa pula user yang bisa kita tanyai untuk mengetahui detil day-to-day activity di sekolah?

Terakhir baru,
* How: Tentukan bahasa pemrograman yang akan kita pakai dan database apa yang akan kita pakai. buat desain aplikasi, sitemap, flowchart, alur proses manual serta desain databasenya

Setelah semua pertanyaan di atas terjawab… barulah mulai coding…

Happy analysis, design, and development

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s