Cara Membuat Program atau Software (how to make software)

Cara Membuat Software
Gambar Program

Sebelum saya memaparkan cara membuat software terlebih dahulu apasih software itu ?

untuk diskripsi apa itu software saya mengambil dari beberapa sumber diantaranya

software adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer (id.wikipedia.com)

software adalah sebuah perangkat yang menghubungkan suatu komputer dengan pengguna atau bisa dikatakan sebagai perangkat lunak yang umumnya digunakan untuk mengkontrol perangkat keras atau bisa juga digunakan untuk menghasilkan data informasi (konteseoblog.blogspot.com)

Untuk membuat suatu software/program Anda harus paham bahasa pemrograman ada banyak sekali bahasa pemrograman dan semua ada perbedaan, kelebihan maupun kekurangan sesuai fungsinya masing-masing. Anda tidak perlu mempelajari semua bahasa pemrograman tersebut, ada beberapa bahasa pemrogaman yang populer diantaranya c/c++, java, visual basic, php, pithon dll. Semisal anda mendalami bahasa pemrograman c/c++ karena bahasa  pemrograman bisa membuat jenis program apa saja mulai yang terhubung dengan perangkat keras (embed system) atau dalam pengembangan aplikasi yang berjalan diatas sistem operasi (misal Windows, Linux, Mac OS) bahkan bahasa pemrograman tersebut merupakan asal dari bahasa pemrograman lain dan dengan menguasa bahasa programan c/c++ Anda dapat dengan mudah mempelajari bahasa pemrograman lain dan juga bisa untuk membuat GAME.

Dalam memahami bahasa pemrograman anda harus memahami dasar algoritma, diantaranya input output, kondisi, percabangan, perulangan (looping), type data, data array. dengan memahami hal tersebut anda sudah bisa membuat aplikasi sederhana. Untuk selanjutnya anda bisa mempelajari function, OOP.

Jika sudah bisa dasar pemrograman ada beberapa hal untuk mempermudah dalam pembuatan software yaitu framework dan library. dengan framework atau library Anda dapat dengan mudah dalam pembuatan software karena kita tidak perlu repot-repot dalam menuliskan code. Code yang kita tulis menjadi simple.

Mungkin itu yang bisa saya bagi, jika ada para MASTAH (master) yang melihat tulisan saya ini bilamana ada kurang pas bisa memberi komentar 😀

Dan bila ada kekurang jelasan juga bisa memberi komentar 😀

Thank Salam 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s