Setup Oracle in Ubuntu

Step 1: Download Oracle Database Express Edition.

Step 2: Instructions before install Oracle

  1. Copy the downloaded file and paste it in home directory.
  2. Unzip using the command:
    unzip oracle-xe-11.2.0-1.0.x86_64.rpm.zip 
    
  3. Install required packages using the command:
    sudo apt-get install alien libaio1 unixodbc
    
  4. Enter into the Disk1 folder using command:
    cd Disk1/
    
  5. Convert RPM package format to DEB package format (that is used by Ubuntu) using the command:
    sudo alien --scripts -d oracle-xe-11.2.0-1.0.x86_64.rpm
    
  6. Create the required chkconfig script using the command:
    sudo pico /sbin/chkconfig
    

    The pico text editor is started and the commands are shown at the bottom of the screen. Now copy and paste the following into the file and save:

    #!/bin/bash
    # Oracle 11gR2 XE installer chkconfig hack for Ubuntu
    file=/etc/init.d/oracle-xe
    if [[ ! `tail -n1 $file | grep INIT` ]]; then
        echo >> $file
        echo '### BEGIN INIT INFO' >> $file
        echo '# Provides: OracleXE' >> $file
        echo '# Required-Start: $remote_fs $syslog' >> $file
        echo '# Required-Stop: $remote_fs $syslog' >> $file
        echo '# Default-Start: 2 3 4 5' >> $file
        echo '# Default-Stop: 0 1 6' >> $file
        echo '# Short-Description: Oracle 11g Express Edition' >> $file
        echo '### END INIT INFO' >> $file
    fi
    update-rc.d oracle-xe defaults 80 01
    
  7. Change the permission of the chkconfig file using the command:
    sudo chmod 755 /sbin/chkconfig  
    
  8. Set kernel parameters. Oracle 11gR2 XE requires additional kernel parameters which you need to set using the command:
    sudo pico /etc/sysctl.d/60-oracle.conf
    
  9. Copy the following into the file and save:
    # Oracle 11g XE kernel parameters 
    fs.file-max=6815744  
    net.ipv4.ip_local_port_range=9000 65000  
    kernel.sem=250 32000 100 128 
    kernel.shmmax=536870912 
    
  10. Verify the change using the command:
    sudo cat /etc/sysctl.d/60-oracle.conf 
    
  11. You should see what you entered earlier. Now load the kernel parameters:
    sudo service procps start
    
  12. Verify the new parameters are loaded using:
    sudo sysctl -q fs.file-max
    

    You should see the file-max value that you entered earlier.

  13. Set up /dev/shm mount point for Oracle. Create the following file using the command:
    sudo pico /etc/rc2.d/S01shm_load
    
  14. Copy the following into the file and save.
    #!/bin/sh
    case "$1" in
    start)
        mkdir /var/lock/subsys 2>/dev/null
        touch /var/lock/subsys/listener
        rm /dev/shm 2>/dev/null
        mkdir /dev/shm 2>/dev/null
    *)
        echo error
        exit 1
        ;;
    
    esac 
    
  15. Change the permissions of the file using the command:
    sudo chmod 755 /etc/rc2.d/S01shm_load
    
  16. Now execute the following commands:
    sudo ln -s /usr/bin/awk /bin/awk 
    sudo mkdir /var/lock/subsys 
    sudo touch /var/lock/subsys/listener
    

    Now, Reboot Your System

Step 3: Install Oracle

  1. Install the oracle DBMS using the command:
    sudo dpkg --install oracle-xe_11.2.0-2_amd64.deb
    
  2. Configure Oracle using the command:
    sudo /etc/init.d/oracle-xe configure 
    
  3. Setup environment variables by editting your .bashrc file:
    pico ~/.bashrc
    
  4. Add the following lines to the end of the file:
    export ORACLE_HOME=/u01/app/oracle/product/11.2.0/xe
    export ORACLE_SID=XE
    export NLS_LANG=`$ORACLE_HOME/bin/nls_lang.sh`
    export ORACLE_BASE=/u01/app/oracle
    export LD_LIBRARY_PATH=$ORACLE_HOME/lib:$LD_LIBRARY_PATH
    export PATH=$ORACLE_HOME/bin:$PATH
    
  5. Load the changes by executing your profile:
    . ~/.profile
    
  6. Start the Oracle 11gR2 XE:
    sudo service oracle-xe start
    
  7. Add user YOURUSERNAME to group dba using the command:
    sudo usermod -a -G dba YOURUSERNAME
    

Step 4: Using the Oracle XE Command Shell

  1. Start the Oracle XE 11gR2 server using the command:
    sudo service oracle-xe start
    
  2. Start command line shell as the system admin using the command:
    sqlplus sys as sysdba
    

    Enter the password that you gave while configuring Oracle earlier. You will now be placed in a SQL environment that only understands SQL commands.

  3. Create a regular user account in Oracle using the SQL command:
    create user USERNAME identified by PASSWORD;
    

    Replace USERNAME and PASSWORD with the username and password of your choice. Please remember this username and password. If you had error executing the above with a message about resetlogs, then execute the following SQL command and try again:

    alter database open resetlogs;
    
  4. Grant privileges to the user account using the SQL command:
    grant connect, resource to USERNAME;
    

    Replace USERNAME and PASSWORD with the username and password of your choice. Please remember this username and password.

  5. Exit the sys admin shell using the SQL command:
    exit;
    
  6. Start the commandline shell as a regular user using the command:
    sqlplus
    

    Now, you can run sql commands…

PESAN MAULANA HABIB LUTHFI BIN YAHYA KEPADA UMAT ISLAM AGAR SELAMAT AGAMA, DUNIA DAN AKHIRAT

Ribuan umat senantiasa datang meminta nasihat kepada Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan. Diantara nasihat yang disampaikan beliau adalah seseorang itu harus memegang teguh beberapa prinsip agar mendapatkan keselamatan di dalam agama, dunia dan akhirat insya Allah.

Pertama, pegang teguh teladan salaf shalihin baik itu thariqahnya, akhlaknya, maupun amal shalehnya. Pegang teguh dengan kuat dan mantap. Walaupun sampai sulit dan kere (miskin) tetaplah teguh memegang teladan Salaf Shalihin. Gigit kuat dengan gerahammu, jangan dilepas jika kamu ingin selamat dan mendapat ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kedua, jadikanlah keimanan sebagai Imam bukan akal yang menjadi ujung tombaknya. Hati-hati di akhir zaman ini akan dan sudah banyak muncul paham dan orang-orang yang lebih mengedepankan akal-rasio-logika dibandingkan imannya. Seharusnya iman menjadi imamnya, sedangkan akal dan logika menjadi makmumnya, mengikuti iman. Tinggalkan pendapat orang-orang yang mengedapankan akalnya dibanding imannya. Percuma dan sia-sia waktumu jika menanggapi orang-orang yang demikian, kamu akan rugi dunia akhirat. Karena bagaimana mungkin akal manusia bisa menerima seluruh kebesaran khazanah kerajaan Allah Subhanahu wa Ta’ala? Hanya keimanan lah yang dapat menerima kebesaran Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Yang ketiga, ziarah shalihin atau mengunjungi orang-orang shaleh baik yang sudah wafat maupun yang masih hidup, dan kuatkan tali ikatan silaturahim. Berziarah (mengunjungi) kaum shalihin jangan hanya ketika ada maunya, kalau ada perlunya saja. Hal itu baik tidak terlarang, tetapi kurang kemanfaatannya untuk jangka panjang. Hanya untuk kebutuhan manfaat sesaat belaka, sungguh sangat disayangkan. Tetapi alangkah baiknya kita berziarah shalihin itu karena mahabbah ilaa mahbub, kecintaan kepada yang dicintai. Kalau hal ini dijalin dengan baik maka ia akan mendapat limpahan madad (pertolongan), sirr asrar (rahasia) dan jaah (essence, intisari) dari ziarahnya. Dan sering silaturahmi itu menimbulkan kecintaan dan keridhoan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada orang yang menjalin hubungan silaturahmi, sehingga rahmat dan berkah serta maghfirah Allah Subhanahu wa Ta’ala terlimpah kepadanya. Jauh dari bala’, musibah, penyakit dan diberi kelancaran rezeki. Insya Allah.

Yang keempat, jangan suka membeda-bedakan. Ini penyakit yang timbul dan tumbuh di akhir zaman ini. Jangan beda-bedakan itu suku apa, kabilah apa, bangsa apa, partainya apa, thariqahnya apa, madzhabnya apa dan sebagainya. Itu urusan Allah Subhanahu wa Ta’ala, kita ini manusia, hambaNya, makhluk ciptaanNya, jangan suka usil ikut campur urusannya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Makanya sekarang berbagai macam bala’ dan musibah bertubi-tubi datang karena ulah manusia itu sendiri. Yang suka sok tahu, sok jago, sok suci, sok pintar. Bukan kembali kepada Allah dan RasulNya, malah ikut campur urusan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Bijaksana lagi Maha Berkehendak, Allah Subhanahu wa Ta’ala yang akan menghukumi, menentukan secara mutlak kelak di pengadilan Ilahi Yang Maha Adil bagi seluruh makhlukNya. Segala sesuatu misal pengadilan itu semua adalah bentuk ikhtiar manusia belaka di muka bumi ini secara syariat. Ketentuan yang mutlak benar dan salah adalah di tangan Allah Subhanahu wa Ta’ala di Hari Kemudian. Keyakinan dan keimanan ini harus ditanam kuat dan kokoh dilubuk sanubari keimanan kita.

Dan yang terakhir atau kelima, jangan tinggalkan setiap harinya untuk membaca Al-Qur’an, shalawat kepada Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam, taat kepada guru/ syaikh/ mursyid, dan birul walidain (berbakti kepada orangtua). Jadikan hal ini semua awradmu. Jangan tinggal hal tersebut. Membaca Al-Qur’an walau satu ayat setiap harinya. Memperbanyak membaca shalawat kepada Baginda Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam. Jadikan hal ini semua awrad (wirid yang dilakukan istiqomah) bagi diri kita demi menggapai kebahagian dan keselamatan di dalam agama, dunia dan akhirat.

Cukup sudah lima hal ini kamu pegang erat-erat, Insya Allah Taufik, Hidayah dan Inayah Allah Subhanahu wa Ta’ala melimpah dan turun kepadamu.

Oleh: Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya Pekalongan, Rais Aam Idaroh Aliyah Jam’iyyah Ahli Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (JATMAN), yang dialihtuliskan oleh Fidri Beno/ habiblutfi.net.

 

 

sumber : http://www.elhooda.net/2015/10/inilah-5-pesan-habib-luthfi-bin-yahya-agar-selamat-agama-dunia-dan-akhirat-di-akhir-zaman/

Kebiasaan yang Harus Kamu Hentikan Sebelum Menginjak Usia 30-an

Apakah kamu sudah memasuki penghujung usia 20-an? Sudahkah membayangkan bagaimana lika liku hidup di usia 30-an? Pada dasarnya, kamu harus mengucapkan selamat tinggal pada gaya hidup hura-hura karena pada usia 30 kamu akan mulai merasakan tanggung jawab terhadap karir, hubungan, keluarga dan tanggung jawab terhadap diri sendiri.

Kamu bisa saja memilih untuk terus memegang moto hidup “party like there’s no tomorrow” tapi ketika karir dan kehidupan pribadi jadi taruhannya, apa kamu sanggup menahan derita saat melihat semua hasil jerih payahmu selama ini lenyap sia-sia? Jika kamu tidak sanggup menyia-nyiakan perjuangan yang selama ini kamu upayakan, ada baiknya kamu mulai menghentikan kebiasaan-kebiasaan ini sebelum usia 30 tahun datang.

1. Berhentilah menghambur-hamburkan uang, mulailah menabung untuk masa pensiun

Sisihkan uang untuk pensiun

Ketika menginjak usia 30 tahun, kamu memiliki 20-25 tahun (30 jika beruntung) untuk tetap berkarya secara produktif. Selepas itu kamu akan mulai memasuki masa pensiun.

Fisik kamu gak seprima dulu lagi, daya pikirmu pun mulai melemah. Tidak jarang kamu akan dengar orang bilang, “Dia udah memasuki usia senja“. Gak mau k’an merana di usia tua? Makanya, kamu harus mulai berpikir untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk masa pensiun mulai dari sekarang. Kurangi dan hentikan alokasi dana buat hura-hura atau menghabiskannya pada hal yang gak penting, seperti membeli kendaraan lagi ketika kamu udah punya cukup kendaraan.

Cari nasihat keuangan dari sumber yang terpercaya mengenai investasi yang punya potensi bagus saat kamu udah pensiun. Kamu juga bisa mempercayakan lembaga keuangan untuk mengelola dana pensiunmu. Jika kamu mau sabar dan konsisten menabung untuk hari tua, bukan nggak mungkin kamu malah bisa beli properti dan kendaraan baru setelah pensiun.

2. Berhenti gonta-ganti pekerjaan, mantapkan karirmu pada satu bidang

Mungkin kamu termasuk mahasiswa berprestasi dengan segudang bakat dan keterampilan di usia muda dulu. Hingga sangat mudah buat kamu untuk sekedar pindah haluan, mengganti bidang pekerjaan. Misalnya, dari seorang akuntan publik kamu beralih profesi menjadi pelukis top karena kamu punya bakat yang luar biasa di bidang seni. Lalu karena punya ketertarikan pada politik, kamu pun beralih menjadi politikus.

Idealnya, kamu udah harus punya satu karir yang mantap pada usia 30 tahun. Mantap berarti kamu berdedikasi dalam bidang tersebut serta punya tujuan untuk menggapai jenjang kariri setinggi-tingginya pada bidang yang kamu tekuni.

Langkah pertama demi mengejar karir yang mantap bisa dimulai darimenyingkirkan poin-poin gak penting pada CV kamu. Kemudian, tetapkan tujuan karir macam apa yang ingin kamu capai. Fokus pada bidang tersebut, tekuni dengan benar sampai kesuksesan kamu dapatkan.

3. Hentikan kebiasaan berlama-lama di media sosial, mulai bangun koneksi nyata

4. Pastinya, kamu harus berhenti nyampah di Facebook dan Jejaring Sosial Lain

Foto disamarkan

Kenapa? Karena Facebook dan jejaring sosial lain bukan tempat sampah, Bahkan, mereka adalah duta besarmu di dunia maya. Dan apa kamu lupa kalau bos dan rekan kerjamu juga mengikutimu di media sosial? Baca posting sampah aja mereka udah jijik, apalagi kalau mereka membaca komentar miringmu soal kantor, suasana kerja, rekan, dan bahkan komentar miringmu soal bos.

Mulailah untuk memilah foto-foto konyol mana yang harus kamu hapus. Hapus juga post bernada negatif baik mengenai pekerjaan maupun kehidupan pribadi. Yang pasti hapus post negatif soal rekan kerja dan atasan, karena tanpa kamu sadari mereka sering memeriksa laman Facebook-mu. Ganti foto profil dengan foto yang lebih sopan dan rapi, perbaiki data diri pada biodata akunmu, dan mulai sekarang biasakan nge-post perihal yang penting dan bernada profesional.

5. Penyesalan gak ada gunanya, kamu harus berhenti mengenang kesalahan di masa lalu

Belajar menerima dan merelakan

Kalau kamu terus-terusan mengenang kegagalanmu masuk ke kampus terbaik, gagal dalam percintaan, gagal mendapat pekerjaan idaman atau peristiwa buruk yang menimpamu, maka selamanya kamu akan hidup untuk masa lalu. Hari-harimu selalu diisi penyesalan, sementara orang lain terus bergerak maju kamu malah diam di tempat dan kadang-kadang melangkah mundur.

Para ahli psikologi sepakat bahwa penyesalan membawa dampak negatif bagi orang yang terus-menerus melakukannya dalam jangka panjang. Menyalahkan diri sendiri dan dilakukan berulang-ulang seperti ini bisa menyebabkan pengaruh buruk terhadap sistem kekebalan tubuh dan produksi hormon, stress kronis, serta gangguan kesehatan mental lainnya.

Kamu harus belajar untuk berhenti bergelut dalam penyesalan dengan cara menerima dan mengiklaskan apa yang telah terjadi, karena gak ada lagi yang bisa kamu lakukan. Berhenti menyalahkan diri sendiri serta mulai memikirkan apa yang akan kamu lakukan selanjutnya.

6. Buang kebiasaan bermalas-malasan di akhir pekan, lebih baik bangun dan kerjakan sesuatu yang bermanfaat

Ada banyak alasan dan godaan untuk tetap berada di kasur dan tidur sepanjang akhir pekan. 5 hari bekerja dengan jumalah tidur yang terbatas tiap malamnya membuat kamu merasa pantas untuk “membayar” hutang tidur yang selama ini dipakai untuk kerja dengan molor seharian.

Namun, kebanyakan tidur justru membawa pengaruh buruk bagi kesehatanmu. Penelitian dari jurnal Sleep menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam atau lebih dari 10 jam tiap malam lebih sering minta izin gak masuk kerja karena sakit, dibandingkan mereka yang tidur 7-8 jam.

Dari penelitian di atas bisa kamu tangkap kalau kebanyakan tidur justru membuat kinerjamu di kantor jadi terganggu. Sebaiknya kamu paksa dirimu untuk tidur 7-8 tiap malam, walau pekerjaan menumpuk. Dengan begitu rasa malas-malasan yang selalu hadir tiap weekend jadi hilang dan kamu bisa melakukan aktivitas yang lebih penting bersama taman dan keluarga.

7. Katakan “Tidak!” pada pertemanan yang selama ini meracuni pikiranmu dengan hal negatif

Di usia yang dewasa ini sudah saatnya kamu punya kemampuan untuk mengkategorikan teman-temanmu ke dalam beberapa kelompok. Mereka yang selalu menyebar energi negatif lewat keluhan, mereka yang masih bingung menentukan tujuan macam apa yang harus dicapai dalam hidup.

Singkirkan rekan-rekan yang menebar energi negatif pada dirimu. Ini waktunya kamu bergaul dengan teman-teman yang selalu suportif, mengingatkanmu kalau ada yang keliru, membalas kebaikanmu dengan kebaikan pula, dan selalu menawarkan bantuan jika diperlukan. Ingat, kamu gak punya lebih dari satu hidup untuk menjalin pertemanan yang bisa membawa kebaikan pada dirimu.

Tak perlu takut menyudahi pertemanan yang tak mampu memberikan hal-hal positif padamu. Justru, inilah saatnya kamu bisa mulai membangun ikatan pertemanan yang benar-benar kaya makna.

8. Jangan lagi mencari-cari alasan untuk gak berolahraga hari ini

Alasan #1 : Besok aja deh larinya, kayaknya mau hujan.

Alasan #2 : Duh, mau lari kok panas banget, ya…

Alasan #3 : Niatnya berenang sore ini, tapi gak punya kacamata… Kapan-kapan aja…

Dan alasan-alasan basi seterusnya

Berhenti membohongi diri kamu sendiri, kamu gak bisa lagi menciptkan alasan mengada-ada untuk menghindari olahraga jika mulai memasuki usia 30. Jika gak dibiasakan dari sekarang, kamu akan selamanya malas. Waktunya memaksakan diri sekarang, jika kamu udah termotivasi dan udah melihat hasilnyata dari olahraga rasa malas dan daya berpikir untuk bikin alasan akan hilang dengan sendirinya.

9. Stop melihat hidupmu dari kaca mata orang lain

Melihat teman menikah duluan, kamu langsung galau karena sampai umur 30 belum juga mendapatkan pasangan. Lihat rekan sejawat naik jabatan, kamu patah arang karena merasa karirmu tak berkembang sepesat yang diharapkan. Kamu jadi orang yang mudah membandingkan pencapaianmu dengan pencapaian orang lain. Duh, itu hidup apa harga barang belanjaan sih? Repot amat harus dibanding-bandingkan.

Di usia yang kian matang, ada baiknya kamu mulai fokus dan mensyukuri hal-hal yang sudah kamu dapatkan. Setiap orang punya takdir dan jalan hidup masing-masing. Membandingkan pencapaianmu dengan prestasi orang lain hanya akan membuatmu jadi orang yang gagal mensyukuri kebaikan yang sudah hadir di hidupmu.

10. Berhenti bertindak ceroboh. Sudah saatnya kamu mulai bertanggung jawab atas hidupmu dan juga kehidupan orang-orang di sekitar

Membahayakan diri dan orang lain

Jika kamu udah mengetahui kalau junk food tak ada faedahnya bagi kesehatan tubuhmu, mengapa kamu masih menyantapnya? Kamu tahu kalau ponsel adalah pendistraksi paling ampuh saat berkendara, tapi masih aja kamu menggunakannya saat berkendara di jalan raya. Ceroboh saat menjalankan kendaraan gak hanya membahayakan keselamatanmu namun juga menempatkan nyawa orang lain dalam bahaya.

Berhenti bertindak ceroboh dan gegabah. Kamu harus mulai menyadari hidup yang sedang dijalani tidak hanya tentang dirimu sendiri. Setiap keputusan yang kamu ambil akan mempengaruhi kehidupan orang-orang di sekitarmu. Sudah saatnya kamu jadi pribadi yang tahu diri dan selalu bertindak dengan lebih berhati-hati.

Usia 30 mungkin terdengar sebagai usia yang sangat dewasa, namun kedewasaan gak akan menghampirimu jika kamu sendiri gak mau berubah. Dewasa bukan hanya mengenai angka semata, juga ditentukan oleh kebiasaan-kebiasaan yang selalu kamu lakukan.

Sudah siap berubah mulai dari sekarang?

Posted in Web

Sensor thermal

Sensor thermal adalah sensor yang  dapat mendeteksi gejala-gejala perubahan suatu bentuk energi ke energi lainnya.Berikut adalah beberapa contoh sensor thermal

 

  1. Bimetal

Bimetal adalah sensor suhu yang terbuat dari dua buah lempengan logam yang berbeda koefisien muainya (α) yang direkatkan menjadi satu.

Bila suatu logam dipanaskan maka akan terjadi pemuaian, besarnya pemuaian tergantung dari jenis logam dan tingginya temperatur kerja logam tersebut. Bila dua lempeng logam saling direkatkan dan dipanaskan, maka logam yang memiliki koefisien muai lebih tinggi akan memuai lebih panjang sedangkan yang memiliki koefisien muai lebih rendah memuai lebih pendek. Oleh karena perbedaan reaksi muai tersebut maka bimetal akan melengkung kearah logam yang muainya lebih rendah. Dalam aplikasinya bimetal dapat dibentuk menjadi saklar Normally Closed (NC) atau Normally Open (NO).

 

 

  1. Termistor

Termistor atau tahanan thermal adalah alat semikonduktor yang berkelakuan sebagai tahanan dengan koefisien tahanan temperatur yang tinggi, yang biasanya negatif. Umumnya tahanan termistor pada temperatur ruang dapat berkurang 6% untuk setiap kenaikan temperatur sebesar 1oC. Kepekaan yang tinggi terhadap perubahan temperatur ini membuat termistor sangat sesuai untuk pengukuran, pengontrolan dan kompensasi temperatur secara presisi.

 

  1. Resistance Thermal Detector (RTD)

RTD adalah salah satu dari beberapa jenis sensor suhu yang sering digunakan. RTD dibuat dari bahan kawat tahan korosi, kawat tersebut dililitkan pada bahan keramik isolator. Bahan tersebut antara lain; platina, emas, perak, nikel dan tembaga, dan yang terbaik adalah bahan platina karena dapat digunakan menyensor suhu sampai 1500o C. Tembaga dapat digunakan untuk sensor suhu yang lebih rendah dan lebih murah, tetapi tembaga mudah terserang korosi.

RTD memiliki keunggulan dibanding termokopel yaitu:

1)      Tidak diperlukan suhu referensi

2)       Sensitivitasnya cukup tinggi, yaitu dapat dilakukan dengan cara mem-perpanjang kawat yang digunakan dan memperbesar tegangan eksitasi.

3)      Tegangan output yang dihasilkan 500 kali lebih besar dari termokopel

4)      Dapat digunakan kawat penghantar yang lebih panjang karena noise tidak jadi masalah

5)      Tegangan keluaran yang tinggi, maka bagian elektronik pengolah sinyal menjadi sederhana dan murah.

Resistance Thermal Detector (RTD) perubahan tahanannya lebih linear terhadap temperatur uji tetapi koefisien lebih rendah dari thermistor

 

  1. Termokopel

Pembuatan termokopel didasarkan atas sifat thermal bahan logam. Jika sebuah batang logam dipanaskan pada salah satu ujungnya maka pada ujung tersebut elektron-elektron dalam logam akan bergerak semakin aktif dan akan menempati ruang yang semakin luas, elektron-elektron saling desak dan bergerak ke arah ujung batang yang tidak dipanaskan. Dengan demikian pada ujung batang yang dipanaskan akan terjadi muatan positif.

Kerapatan electron untuk setiap bahan logam berbeda tergantung dari jenis logam. Jika dua batang logam disatukan salah satu ujungnya, dan kemudian dipanaskan, maka elektron dari batang logam yang memiliki kepadatan tinggi akan bergerak ke batang yang kepadatan elektronnya rendah, dengan demikian terjadilah perbedaan tegangan diantara ujung kedua batang logam yang tidak disatukan atau dipanaskan. Besarnya termolistrik atau gem ( gaya electromagnet ) yang dihasilkan menurut T.J Seeback (1821) yang menemukan hubungan perbedaan panas (T1 dan T2) dengan gaya gerak listrik yang dihasilkan E, Peltir (1834), menemukan gejala panas yang mengalir dan panas yang diserap pada titik hot-juction dan cold-junction, dan Sir William Thomson, menemukan arah arus mengalir dari titik panas ke titik dingin dan sebaliknya,

 

Perilaku beberapa jenis thermocouple diperlihatkan oleh gambar

 

  • tipe E (chromel-konstanta)
  • tipe J (besi-konstanta)
  • tipe T (tembaga-Konstanta)
  • tipe K (chromel-alumel)
  • tipe R atau S (platina-pt/rodium
  1. Dioda (IC hybrid)

Dioda dapat pula digunakan sebagai sensor temperatur yaitu dengan memanfaatkan sifat tegangan junction. Dimanfaatkan juga pada sensor temperatur rangkaian terintegrasi (memiliki rangkaian penguat dan kompensasi dalam chip yang sama).

  1. Infrared Pyrometer

Sensor inframerah dapat pula digunakan untuk sensor temperatur

 

 

Gambar 2.21. Infrared Pyrometer sebagai sensor temperatur

Memfaatkan perubahan panas antara cahaya yang dipancarkan dengan diterima yang diterima pyrometer terhadap objek yang di deteksi.

Jauhi politik! Jadilah pengusaha!

Saya pernah melakukan kampanye setahun penuh dengan tema: JAUHI POLITIK dengan subtema KERJA! KERJA! KERJA! Waktu itu, enam tahun lalu, saya ingin mengajak masyarakat agar tidak semua orang tersedot ke magnet politik yang memang lagi “hot” di negara kita.

Ada reformasi, ada kebebasan membentuk partai politik, ada pemilihan presiden langsung dan ada pilkada langsung. Waktu itu saya menangkap gejala terjadinya pembiusan politik kepada masyarakat luas.

Apalagi masyarakat Jawa Timur memang sangat politis. Tokoh-tokoh politik asal Jatim luar biasa dominannya. Akibatnya kedekatan mereka kepada rakyat Jatim juga kental. Buntutnya, daya sedot politik kepada rakyat luar biasa hebat.

Kampanye itu saya maksudkan agar orang ingat bahwa negara ini tidak bisa diselesaikan hanya dengan politik. Semakin banyak politikus akan semakin ruwet. Semakin besar daya tarik masyarakat pada politik semakin seru pertengkaran politik. Bukan saja antar kekuatan politik, bahkan di internal kelompok-kelompok politik itu sendiri.

Mengapa sesekali perlu kampanye seperti itu?

Jawabnya: kita tidak boleh lupa bahwa salah satu syarat agar sebuah negara bisa maju adalah jumlah pengusahanya minimal harus 5% dari jumlah penduduknya. Sedang sebuah data menunjukkan bahwa jumlah pengusaha di Indoensia ini belum sampai 1% jumlah penduduk. Bahkan ada data yang menyebutkan baru 0,18%!

Orang seperti Ciputra atau Hermawana Kartajaya yang tidak jemu-jemunya membuat atmosfir enterpreuneur dan marketing di masyarakat bisa kalah gema dengan kampanye politik, kalau tidak ada yang menghambat wabah politik itu. Mengapa? Sebab, menjadikan seseorang jadi pengusaha atau menjadi orang marketing itu sulitnya bukan main. Perlu telaten, kerja sungguh-sungguh, jujur, konsisten dan merambat pelan.

Sedang untuk menjadi politikus: tidak perlu telaten, bahkan boleh hanya hit and run. Juga tidak perlu kerja sungguh-sungguh karena cukup modal mulut. Juga tidak perlu jujur. Bahkan kian pandai menipu kian baik. Tidak perlu konsisten. Bahkan loncat partai sana, loncat partai sini sah-sah saja. Juga tidak perlu konsisten: kapan-kapan koalisi dengan A, lain kali koalisi dengan B. Bahkan dalam satu koalisi pun suaranya bisa beda seperti dalam kasus angket BBM di DPR.

Jadi aktivis politik gampang. Jadi pengusaha atau orang marketing sulit. Karena itu saya sangat menghargai orang seperti Ciputra dan Hermawan Kartajaya yang di tengah-tengah hotnya isyu politik di Jatim saat menjelang Pilkada seperti ini, masih tetap gigih mengadakan berbagai perlawanan kepada arus politik.

Mungkin sudah waktunya lagi dikampanyekan besar-besaran JAUHI POLITIK disertai seruan KEMBALILAH BEKERJA. Terutama tahun-tahun terakhir ini daya pikat politik mengalami pasang naik lagi. Tragisnya, beberapa orang yang dulu sudah mulai tertarik jadi pengusaha dan sudah mulai menampakkan hasilnya kembali mengalami kemunduran. Gara-garanya: merasa sudah berduit, lalu terjun ke politik dan kehilanganlah IMAN wiraswastaannya.

Ingat! Kita perlu 5% penduduk yang mau jadi pengusaha.

 

Oleh DAHLAN ISKAN
Sumber: Radar Surabaya 10 Juli 2008

Cara Membuat Header Fix (tidak bergerak) ketika di scroll seperti di google plus, atau time line facebook

Cara untuk melakukan header tetap pada posisi atas ketika halaman web discroll salah satunya dengan menggunakan java script.

pertama buat code html sembarang, semisal :

<div id="header-fix">HEADER FIX</div>

kemudian dengan menambah code javascript :

var target = $('#header-fix');
var div_position = target.offset().top;

$(window).scroll(function() { 
    var y_position = $(window).scrollTop();
    if(y_position > div_position) {
        target.addClass('fixed');
    }
    else {
        target.removeClass('fixed');
    }
}

Keterangan dari code javascript :

1. Mengambil target dan mengambil posisinya

var target = $('#header-fix');
var div_position = target.offset().top;

1. Ketika event scroll (halaman web di scroll) $(window).scroll()maka akan menjalankan fungsi didalamnya

2. Isi fungsi didalamnya diantarannya

mengambil posisi dari posisi scroll atas dari halaman web, kemudian mencocokan dengan posisi dari target  $('#header-fix') jika posisi target lebih kecil maka dibuat fix (ditambah css position:fixed) jika tidak maka css tersebut dihilangkan.

 

Ya cukup sekian, Anda bisa memberi command jika terasa kurang paham.

Sumber Referensi